Sabtu, 18 April 2015

SIFAT dan PERANGAI Rosulullah....

Sifat Dan perangai Rasulullah SAW 

Al Hasan bin Ali pernah bertanya kepada Hind bin Abi Halah mengenai sifat-sifat Rasulullah SAW.

Ia kemudian menggambarkan perawakan beliau dengan mengatakan,”Beliau berjalan dengan ayunan langkah yang ringan dan panjang. Ketika berjalan seolah beliau berjalan di tempat yang menurun. Ketika berpaling beliau memalingkan seluruh bagian tubuhnya.

Beliau berjalan dengan mata yang menunduk, lebih banyak memandang ke bawah daripada ke atas. Pandangannya penuh perhatian dan tidak memandang dengan sorot mata yang tajam. Beliau biasa berjalan di belakang para sahabat dan mengawali ucapan salam kepada orang yang bertemu dengannya.”


Saya (Al Hasan) tanyakan lagi, “ Tolong, gambarkan kepada kami bagaimana cara berbicara beliau!”
Ia menjawab,”Adalah Rasulullah SAW selalu tampak sedih, selalu berfikir dan hampir tidak pernah istirahat. Beliau tidak mau berbicara kecuali jika ada perlu dan beliau lebih banyak diamnya. Beliau selalu memulai dan mengakhiri pembicaraan dengan menggerakkan dan menghentikan gerak rahangnya – bukan dengan ujung mulutnya.

Beliau berbicara hanya mengenai hal-hal yang pokok dengan tegas dan terang, tidak terlalu singkat dan tidak terlalu berlebihan, lemah lembut, ramah dan tidak kasar atau merendahkan sehingga dapat melukai perasaan. Beliau mengagungkan nikmat Allah, sesepele apapun nikmat itu.

Beliau tidak pernah mencela sesuatu. Beliau tidak pernah mencela makanan dan tidak pernah memujinya. Kemarahan beliau tidak bisa dibendung bilamana melihat kebenaran itu diperkosa sehingga beliau berhasil memenangkannya. Beliau tidak pernah marah untuk kepentingan pribadi dan juga tidak pernah memenangkan diri sendiri – karena sikap toleransi beliau.

Jika beliau menunjuk, maka beliau menunjuk dengan seluruh (jari-jari tangan) telapak tangannya. Jika beliau sedang kagum terhadap sesuatu, maka beliau membalikkan telapak tangan. Bila sedang marah, beliau memalingkan muka. Bila sedang senang, beliau memejamkan mata. Bila tertawa, beliau hanya tampak tersenyum memperlihatkan gigi serinya yang berkilau laksana hujan salju.”

Lebih lanjut Ibnu Abi Halah menceritakan tentang sikap beliau terhadap orang lain dengan mengatakan,”Adalah Rasulullah SAW selalu menahan diri untuk berbicara kecuali mengenai sesuatu yang bermakna. Beliau memberikan perlakuan yang sama kepada para sahabat dan tidak pernah membeda-bedakan mereka. Beliau menghormati setiap pemuka kaum yang diangkat sebagai pemimpin oleh mereka. Beliau mengingatkan orang supaya menjaga diri dan berhati-hati dan jangan sampai mempunyai prasangka buruk kepada orang lain.”

“Beliau selalu memperhatikan keadaan para sahabat, menanyakan keadaan sahabat yang satu kepada sahabat yang lain, membaikkan yang baik dan memburukkan yang buruk serta menghinakannya. Beliau selalu bersikap seimbang dalam segala hal, tidak pernah mengambil sikap menentang. Beliau tidak pernah lengah atau membiarkan para sahabat melupakan kewajiban.”

“Bagi beliau, segala sesuatu harus dipersiapkan sebaik-baiknya. Beliau tidak mau mengurangi kebenaran dan tidak pula mau bertindak melampaui kebenaran. Beliau selalu didampingi oleh para sahabat beliau yang terbaik. Yang dinilai paling utama diantara mereka dimata beliau adalah orang yang paling banyak menyumbangkan nasihat. Begitu juga, yang paling agung kedudukannya adalah yang paling baik, banyak menyenangkan hati beliau, dan paling besar dukungannya.”

Dalam menjelaskan cara duduk beliau, Ibnu Abi Halah mengatakan, “ Diwaktu duduk maupun berdiri, Rasulullah SAW selalu berdzikir. Di tempat-tempat pertemuan, beliau tidak memilih tempat khusus bagi diri beliau sendiri dan juga tidak duduk sebelum para sahabat duduk terlebih dahulu. Beliau sendiri memang menyuruh demikian. Dalam majelis, beliau memberikan perlakuan yang sama kepada siapa saja sehingga tidak ada seorang pun yang merasa lebih terhormat daripada yang lain.

Dengan sabar beliau menerima setiap orang yang datang untuk keperluan sehingga orang yang bersangkutan berpamitan pergi. Beliau tidak pernah menolak permintaan orang yang datang kepada beliau, dan jika pada saat itu

beliau tidak dapat memenuhi kebutuhan yang diminta, beliau menjawabnya dengan tutur kata yang lembut. Kedermawanan dan keluhuran akhlak beliau terkenal luas dikalangan para sahabat sehingga beliau dipandang sebagai ayah sendiri oleh mereka. Dalam hal kebenaran, semua orang dipandang sejajar. Orang yang dipandang paling utama adalah orang yang paling bertakwa kepada Allah.

Pertemuan beliau bersama para sahabat selalu penuh dengan suasana kebijaksanaan, hikmah dan harga diri, jujur, tidak gugup tapi tenang. Tidak ada orang yang berbicara dengan keras. Tidak ada seorang pun yang merasa terganggu kehormatannya. Masing-masing saling menyayangi atas dasar takwa. Yang muda menghormati yang tua dan yang tua mencintai yang muda. Mereka gemar membantu orang yang membutuhkan pertolongan dan menyenangkan orang asing (yang baru kenal).”

Lebih lanjut, berkenaan dengan perangai beliau, Ibnu Abi Halah menceritakan,”Raut muka beliau senantiasa berseri, sikapnya ramah dan senantiasa lembut. Beliau bukanlah seorang yang kasar dan keras, tidak berteriak keras, tidak berkata keji, tidak mencela, dan juga tidak mau mengobral pujian. Tentang hal-hal yang tidak disukainya, atau terhadap hal-hal yang terasa menjemukan, beliau mengambil sikap acuh tak acuh. Beliau menjauhkan diri dari tiga sikap tercela: riya’, berlebihan dan hal-hal yang tidak berguna.

Terhadap orang lain, beliau tidak pernah mencela, tidak pernah mengejek, dan tidak pernah membongkar aibnya. Beliau tidak mau berbicara, kecuali mengenai hal yang bisa diharapkan mendatangka pahala. Jika berbicara, maka orang yang mendengarkannya diam terpukau, seakan ada seekor burung yang hinggap di atas kepala mereka. Ketika beliau sudah diam, mereka baru mulai berbicara. Mereka tidak berbantah-bantahan dihadapan beliau. Jika salah seorang di antara mereka berbicara, maka yang lainnya diam semua sampai orang itu selesai berbicara.

Beliau pun turut tertawa manakala para sahabat tertawa, juga ikut merasa kagum terhadap sesuatu yang membuat kagum para sahabat. Jika ada orang asing meminta sesuatu dengan cara kasar, beliau dengan sabar menghadapinya dan berkata kepada para sahabat,”Bila kalian melihat orang yang membutuhkan sesuatu lalu ia memintanya, maka bantulah ia.” Beliau tidak pernah meminta pujian kecuali yang sesuai.”

Wallahua'lam semoga bermanfaat 

Dikutip dari Fiqush Shirah karya Syaikh Muhammad al Ghazali.

Sumber : Milis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat untuk Kita Semua.

Salam,