Kamis, 20 April 2017

Menunda Bicara ...

Menunda Bicara Setahun Lamanya


Al Hasan Al Bashri rohimahulloh, imam besar Tabi'in didatangi oleh seorang budak. Hari itu sdh memasuki bulan berkah Romadhon. Budak itu  meminta kepada Al Hasan di masjid utk ceramah ttg keutamaan membebaskan budak di Bulan Romadhon.
Al Hasan diam...

Hari kedua, budak itu datang lagi dan meminta hal yg sama kepada Al Hasan.
Al Hasan diam....


Hari ketiga, budak itu datang lagi dan meminta hal yg sama kepada Al Hasan.
Al Hasan diam....

Dan Romadhon pun berlalu, tidak sekali pun Al Hasan bicara ttg keutamaan membebaskan budak di Bulan berkah itu.

Setahun berlalu....
Romadhon datang menyapa kembali.
Malam tarawih pertama, Al Hasan ceramah ttg keutamaan membebaskan budak di Bulan Romadhon.

Dan hasilnya...
Tak ada satu pun tuan di masjid itu kecuali membebaskan budaknya.
"Imam, mengapa setahun yg lalu aku sdh memintau engkau bicara tetapi baru tahun ini engkau menyampaikannya?"
Imam Al Hasan Al Bashri menjawab: "Tahun lalu aku blm punya uang. Tahun ini aku dikarunia rizki hingga aku bisa membeli budak dan membebaskannya. Baru aku bicara."

Dahsyatnya keteladanan yg mengawali pengajaran...
Menunda setahun lebih baik, daripada hari ini hanya retorika belaka...

#sapapagi
Budi Ashari, Lc


Sumber: Milis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat untuk Kita Semua.

Salam,