Rabu, 19 Desember 2012

Kisah dua perempuan yang bergunjing

Diriwayatkan, ketika Rasulullah Saw masih hidup, terdapat dua perempuan yang tengah berpuasa. Pada tengah hari, mereka sangat menderita karena di dera rasa lapar dan dahaga yang sangat luar biasa. Mereka mengaku seolah-olah akan mati. Kedua perempuan itu mengutus seseorang menghadap Rasulullah untuk memintakan izin berbuka puasa bagi mereka.

Rasulullah tak memberi jawaban langsung atas permintaan tersebut, tetapi memberi mangkuk besar kepada sang utusan, lalu berkata, "katakanlah kepada kedua wanita itu, muntahkanlah ke dalam wadah ini apa yang telah engkau makan!".
Sang utusan kembali dan menyampaikan perintah Rasulullah tadi. Kedua perempuan itu menurut. Tak lama kemudian, merekapun memuntahkan darah dan daging-daging mentah sehingga mangkuk besar itu penuh. Orang ramai yang menyaksikan pemandangan itupun terheran-heran.

Soal itu, Rasulullah Saw kemudian bersabda, " kedua perempuan ini bershaum terhadap makanan yang dihalalkan oleh Allah, tetapi membatalkan shaumnya dengan perbuatan yang diharamkan oleh-Nya . Mereka berdua duduk bersantai sambil menggunjingkan orang lain. Itulah "daging-daging " yang mereka pergunjingkan."

Diambil dari :
(Kuswandani Yahdin, menukil hadist riwayat Imam Ahmad) Pikiran Rakyat - Agustus 2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat untuk Kita Semua.

Salam,